Cara Sablon Kaos Memakai Polyflex PU untuk Hasil Terbaik

Cara Sablon Kaos Memakai Polyflex PU untuk Hasil Terbaik

Di era yang bisa dibilang serba modern dan canggih ini, hampir semua usaha disegala aspek mengalami perkembangan yang cukp signifikan. Salah satunya adalah usaha percetakan sablon, khususnya sablon pakaian. Jika dulu orang masih menggunakan sablon manual, sekarang kebanyakan orang sudah beralih memakai cara sablon digital dengan sablon bahan polyflex. 

Apa itu sablon digital? Sablon digital adalah suatu cara mencetak desain - desain gambar atau foto kedalam baju,jaket atau media garmen lainnya dengan menggunakan mesin-mesin yang canggih. Diantaranya ada mesin cutting, mesin press, bahan polyflex, mesin DTG, mesin printing dan mesin sublime. Saat ini sudah banyak tempat jual polyflex untuk bahan sablon digital.

Beberapa Alat yang Harus Disiapkan

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial sablon kaos menggunakan polyflex pu. Ada beberapa alat yang harus disiapkan:

Komputer/Laptop
Sebelum memulai proses sablon hal pertama yang harus kamu siapkan adalah komputer atau bisa juga laptop. Fungsinya yaitu untuk digunakan membuat design yang akan di aplikasikan kedalam baju. Untuk membuat design kamu bisa menggunakan aplikasi Corel Draw, Adobe Ilustrator dan Photoshop. Nah tentang bagaimana cara membuat designnya nanti saya akan buat di artikel selanjutnya.

Bahan Sablon
Dalam hal ini sangat penting sekali memilih bahan terbaik yang akan digunakan. Rhinoflex PU adalah pilihan yg tepat karena jenis polyflex ini memiliki tekstur warna yang kuat sehingga tahan lama walaupun dicuci berkali-kali.

Mesin Cutting
Setelah menyiapkan bahan yang akan digunakan, selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah mesin cutting. Mesin ini akan dipakai untuk memotong desain yang sudah dibuat di komputer / laptop tadi. 

Ada banyak jenis mesin cutting sticker di pasaran seperti jinka, cameo, graptech, mimaki dll, namun saya menyarankan kamu memakai mesin cutting Rhinotec RC-60 atau Rhinotec RC-120. Dilihat dari segi kegunaan memang sama tetapi mesin rhinotec memiliki berberapa keunggulan dibandingkan dengan mesin lainnya.

Mesin Press
Langkah selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah mesin press. Mesin ini akan digunakan untuk melekatkan design tersebut ke dalam kaos / jaket. Ada beberapa pilihan mesin press untuk sablon kaos, namun saya lebih menyarankan kamu memakai mesin press Rhinotec. Ada banyak jenis mesin press rhinotec, tetapi dalam tutorial ini saya akan menggunakan mesin press standart rhinotec RTP-01.

T-Shirt/Kaos
Bahan lain yang tidak kalah penting lainnya adalah media yang akan disablon. Di panduan sablon ini saya akan menggunakan kaos sebagai medianya. Kamu juga bisa menggunakan media lain seperti, jaket, topi, kemeja dan berbagai media garmen lainnya.

Langkah-Langkah Proses Sablon Kaos

Langkah 1 - Buka aplikasi corel draw di komputer kamu, lalu buatlah design sesuai dengan yang kamu inginkan. Setelah design jadi jangan lupa di mirror / dibalik designnya dan jangan lpa setting layoutnya.

Langkah 2 - Cutting hasil design tadi dengan mesin ctting rhinotec rc60 atau rc 120. Jangan lupa atur bahan polyflexnya dan mesin dengan posisi yang tepat. Jika sudah pencet tombol start.

Langkah 3 - Setelah proses cutting selesai, langkah berikutnya adalah proses peeling atau membuang bagian yang tidak digunakan dalam design tadi.

Langkah 4 - Nyalakan mesin press dan atur suhunya sekitar 150 derajat celcius serta atur waktu pressnya 10 detik. Tunggu sampai suhunya menjadi 150 celcius, kurang lebih 5 – 10 menit.

Langkah 5 - Siapkan kaos, atur di papan press tersebut. Kemudian letakkan polyflex yang sudah di design tadi diatas kaos. Jangan lupa atur tata letaknya.

Langkah  6 - Setelah itu tekan tuas mesin pressnya dan tunggu sampai 10 detik. Jika sudah selesai mesin akan berbunyi “bib”. Angkat tuas mesin pressnya
Sablon kaos anda sudah jadi.

0 komentar:

Posting Komentar