Katanya, Kopi Bisa Atasi Asam Urat?

Katanya, Kopi Bisa Atasi Asam Urat?

Bukan cuma bisa mengusir kantuk, ada yang mengatakan bahwa kopi juga bisa mengatasi asam urat. Bagaimana faktanya?

Asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi yang kadang-kadang tak tertahankan dan bisa menghambat aktivitas. Bahkan bukan sekadar nyeri, kemerahan dan bengkak pun ikut menyertai. 

Demi menghindar dari gejala asam urat tersebut, berbagai penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu apakah ada makanan atau minuman alami yang dapat mengatasi atau meredakan asam urat. Ternyata, kopilah yang dianggap dapat mewujudkan hal itu.

Sejumlah studi menyatakan, kopi dapat berperan dalam mengurangi risiko asam urat atau gout. Meski begitu, kopi yang dimaksud di sini adalah kopi tanpa kafein atau kopi decaf

Sebenarnya, kopi decaf itu bukannya sama sekali tak memiliki kafein. Hanya saja, sebanyak 97 persen kafeinnya sudah dihilangkan dengan beberapa bahan. 

Pada Juni 2007 silam, studi yang dilakukan dalam skala besar berusaha menguji hubungan antara kopi tanpa kafein dengan kadar asam urat seseorang. Hasilnya, kopi tanpa kafein memang dapat menurunkan kadar asam urat. 

Sayangnya, belum diketahui secara pasti apa yang membuat kopi tersebut sampai bisa menurunkan kadar asam urat seseorang. Sejumlah spekulasi pun akhirnya muncul. 

Menurut para peneliti, sumber antioksidan dan asam fenol klorogenat yang terdapat dalam kopi decaf mungkin memengaruhi asam urat. Lalu, ada juga studi lain yang mengatakan bahwa kopi tersebut dapat memengaruhi kadar insulin dengan cara meningkatkan sensitivitas serta menghambat penyerapan glukosa. Saat insulin terkontrol atau bahkan cenderung rendah, kadar asam urat ternyata juga ikut rendah. 

Sayangnya, cukup sulit dan merepotkan untuk mendapatkan kopi tanpa kafein. Tapi bukan berarti mengonsumsi kopi berkafein bisa dijadikan alternatif pengganti. Sebab, kopi berkafein justru akan meningkatkan risiko asam urat –terutama bila mereka bukan penikmat kopi secara rutin. 

Bahkan, penderita asam urat yang meningkatkan konsumsi kopinya secara tiba-tiba akan mengalami serangan gout! Ketimbang mengganti kopi decaf dengan kopi berkafein, dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter menyarankan untuk memperbanyak asupan air putih. Minum banyak air putih, ginjal akan terbantu dalam mengeliminasi asam urat. 

0 komentar:

Posting Komentar