Langsung ke konten utama

Mendulang Uang dari Bisnis Sewa Apartemen di Jakarta Selatan

Mendulang Uang dari Bisnis Sewa Apartemen di Jakarta Selatan

Seperti sudah diprediksi sebelumnya pada awal tahun 2019, bahwa investasi apartemen tetap lebih baik dari semua subsektor properti yang ada. Tanpa mengesampingkan instrumen properti lainnya seperti rumah, tanah atau ruko, apartemen merupakan salah satu jenis properti yang perkembangannya cukup pesat di Indonesia sebagai investasi masa depan dan juga masa sekarang yang bernilai tinggi.

Investasi masa depan di sini adalah harga jual yang semakin melambung tinggi. Sedangkan investasi saat ini adalah harga sewa unit apartemen yang terbilang cukup tinggi sehingga menjadi salah satu passive income tersendiri bagi si pemiliknya. Dari fakta tersebut berinvestasi di apartemen Jakarta Selatan dapat menjadi pertimbangan yang menarik. Hal ini dikarenakan Jakarta Selatan merupakan kota yang strategis di Ibu Kota. Selain itu faktor lingkungan yang lebih sejuk dibandingkan wilayah Jakarta lainnya menjadi alasan mengapa banyak orang memilih tinggal di kota ini.

Cara Memilih Apartemen yang Bagus untuk Investasi

Namun jangan terburu nafsu langsung membeli apartemen untuk berinvestasi, ada banyak poin yang perlu dicatat sebelum Anda membeli agar investasi ini benar-benar menguntungkan. Jika Anda menemukan apartemen yang menarik minat, Anda harus cermat dan harus sedikit cerewet menanyakan detail produk dan fasilitas hunian vertikal itu pada sales force mereka. Hal-hal berikut ini penting untuk Anda cermati.

1. Lokasi
Kembali lagi kepada masalah lokasi, jika bicara tentang investasi di bidang properti maka lokasi akan menjadi faktor penting dari peningkatan nilai investasi Anda. Untuk itu kenali lokasi-lokasi dari apartemen yang ditawarkan, lakukanlah survei lapangan apakah lokasi apartemen itu sendiri atau wilayah sekitarnya rawan banjir atau bencana lainnya.

Berkaitan dengan lokasi juga berhubungan dengan akses menuju tempat itu. Apakah tempat itu mudah dicapai, adakah kendaraan umum yang melewati bangunan tersebut, dan juga bagaimana kondisi jalan menuju kesana. Anda juga perlu melihat kondisi lingkungannya, apakah lokasinya tenang atau tepat disamping jalan tol, jalan raya atau jalur kereta yang bising; kebanyakan orang ingin tempat tinggal yang tenang, dengan akses kendaraan umum yang mudah dan juga adanya penunjang lainnya seperti adanya toko, supermarket atau restoran di dekat apartemen tersebut.

Pilihannya lokasi apartemen di jakarta selatan dapat menjadi pilihan dikarenakan penyewa apartemen di kota ini sangatlah banyak. Hal ini dapat dilihat dari keyword sewa apartemen Jakarta Selatan yang memiliki tingkat pencarian cukup banyak.

2. Gaya Arsitektural
Jika bicara beli produk, biasanya awal yang kita lihat adalah kemasannya. Di abad 21 ini, kemasan dari properti adalah gaya arsitekturalnya, walau sebenarnya hal itu saat ini banyak yang berupa polesan saja. Namun dengan membeli apartemen dengan gaya arsitektural yang menarik, hal itu akan memberi nilai tambah pada investasi Anda.

3. Fasilitas
Saat ini banyak apartemen menawarkan bermacam-macam fasilitas sebagai bonus opsional baik bagi pembeli ataupun penyewanya. Perhatikan seperti fasilitas untuk parkir, lift, keamanan, dan juga fasilitas olahraga seperti gym, kolam renang. Fasilitas ini nantinya akan menjadi nilai tambah saat ada yang menyewa apartemen tersebut.

4. View
Tahukah Anda bahwa apartemen dengan pemandangan yang bagus sekalipun berukuran studio bisa memiliki harga jual yang lebih bagus daripada apartemen yang berukuran lebih besar namun pemandangannya terhalang oleh tembok dari bangunan lain? Selain pemandangan dari jendela atau balkon, Anda juga harus pastikan pencahayaan dari sinar matahari yang masuk. Pemandangan ke arah danau atau pantai ataupun kearah perbukitan akan menjadi nilai plus tersendiri.

5. Layout
Kadang kita berpikir apartemen tipe studio akan sangat kotak dan tidak menarik, tetapi jika layout-nya atau tata letaknya tepat maka ruangan tersebut dapat sangat nyaman dan terlihat indah. Jika Anda membeli apa'rtemen dalam keadaan kosong mungkin akan sangat fleksibel dalam mengatur layout ruangan. Namun jika sudah all-in, maka perhatikan tata letaknya dan apakah jika melakukan renovasi akan membutuhkan biaya besar atau tidak.

6. Dikelola oleh manajemen yang berpengalaman
Cari tahu dan cermati pihak pengelola apartemennya, apakah memiliki reputasi terbaik. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat jaringan yang dibangun oleh pihak tersebut. Pilih pengelola yang mempunyai jaringan internasional karena biasanya mereka mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi.

7. Pilihlah minimal 2 kamar tidur
Ketika ekspatriat berencana untuk tinggal menetap di apartemen, kebanyakan dari mereka akan menggunakan minimal dua kamar tidur. Karena mereka biasanya akan membawa keluarga ataupun relasi. Jadi jika Anda dapat menyediakan dua kamar tidur ini, nilai apartemen Anda akan lebih tinggi untuk diinvestasikan daripada apartemen dengan satu.

Itu tadi beberapa tips memilih apartemen untuk berinvestasi agar hasil income sewa maksimal yang dirangkum dari Kompas Properti. Salam cuan J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Lupa dan Ragu Ragu Termasuk Hal yang Membatalkan Wudhu? Berikut Penjelasannya!

Bagaimana Cara Download Foto Instagram di PC? Cek Caranya di Sini!

5 Game Offline Terbaik 2021 Pilihan Para Gamers