Tips Membeli Motor Secara Kredit yang Aman

Tips Membeli Motor Secara Kredit yang Aman

Membeli dengan cara mencicil atau kredit telah dikenal sebagai metode membeli yang populer belakangan ini. Cara ini tentu memiliki beberapa keungulan, salah satunya adalah Kita bisa segera mendapatkan barang yang kita inginkan meski belum mempunyai budget yang sesuai jika kita harus membeli dengan cara cash and kredit. Namun untuk kredit motor, Ketahuilah simulasi kredit motor yang akurat terlebih dahulu, untuk mengetahui besarnya cicilan perbulannya.

Dengan cara kredit pula kita bisa mengukur seberapa kita ingin menambahkan beban keuangan kita, yang ini tentu sangat berbeda jika harus membeli dengan cara cash dimana kita harus mengumpulkan dulu sejumlah uang sampai dengan sejumlah harga barang yang bisa dibeli. Beragam barang bisa dibeli dengan cara kredit, salah satunya adalah motor. Tapi tahukah Anda tips Aman membeli motor dengan cara kredit? Simak urain lengkap tips berikut ini:

Reputasi Perusahaan Leasing
Sebuah dealer motor yang memiliki fasilitas cicilan atau kredit sebagai salah satu cara untuk memasarkan produknya biasa bergabung dengan kantor pembiayaan (leasing) tertentu. Kebanyakan seri yang dijual dealer adalah sama antara satu dealer ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) satu dengan yang lainnya. Tetapi yang berbeda adalah dimana dealer tersebut meletakkan jaminan kreditnya pada leasing apa. 

Leasing satu dengan yang lain berbeda dari segi ketentuan, suku bunga, kemudahan mencicil, jumlah uang muka dan lainnya. Tapi yang paling utama harus Anda perhatikan adalah reputasi dari perusahaan pembiayaan yang menaungi dealer motor tersebut. 

Pastikan Anda memilih perusahaan leasing besar yang telah terpercaya dan kredibel, ini penting karena tentunya Anda tidak ingin kesulitan mengambil BPKB motor Anda karena kantor pembiayaan yang menaungi dealer tempat Anda melakukan pengambilan motor tutup diakhir masa cicilan Anda.

Jarak dengan Tempat Tinggal
Pilihlah dealer untuk melakukan kredit motor yang tidak terlampau jauh dengan tempat tinggal Anda. Sebisa mungkin carilah yang masih dalam satu kawasan. Adminstratif dengan tempat Anda tinggal. Ini penting karena Anda tentu tidak ingin terlalu sulit untuk melakukan klaim fasilitas (servis gratis, klaim garansi, pengambilan BPKB) layanan purna jual yang biasa diberikan bersamaan dengan pengambilan kredit sebuah sepeda motor.

Pastikan Cicilan Tidak Berubah Dan Sesuai Dengan Kemapuan Membayar Anda
Hindari tergoda dengan Uang Muka (DP) murah yang sering ditawarkan oleh pihak dealer motor. Karena jangan sampai Anda terjebak dengan DP murah namun cicilan tinggi yang membuat harga beli antara pembelian cash dengan kredit motor Anda terpaut terlalu jauh. Ini bukan hanya merugikan tetapi juga menambah beban anggaran perbulan Anda.

Tanyakan Tentang Cara Membayar, Pastikan Memudahkan Anda
Beberapa leasing motor belakangan telah terafiliasi (tergabung) dengan sejumlah bank yang memungkinkan Anda membayar melalui mesin ATM serta jaringan toko serba ada yang memungkinkan Anda membayar motor tanpa harus mengunjungi dealer tempat Anda membeli serta dapat dilakukan kapan saja. 

Pastikan dealer tempat Anda melakukan cicilan motor memiliki fasilitas ini, jangan sampai Anda masih harus ribet melakukan cicilan pembayaran karena proses yang dimiliki oleh pihak dealer tidak memudahkan Anda.

Perlindungan Asuransi
Salah satu keuntungan membeli motor dengan sistem kredit dan cara mencicil adalah motor Anda masih tercover oleh perlindungan dan jaminan Asuransi. Dimana jika terjadi kehilangan karena pencurian atau kerusakan yang diluar sebab kelalaian Anda, maka motor tersebut masih Akan mendapatkan pengantian unit atau spare part tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya lebih. Tanyakan tentang ada tidaknya fasilitas ini sebelum Anda memutuskan untuk melakukan proses cicilan motor dari dealer tertentu.

Membeli motor dengan cara kredit atau mencicil tetap membawa keuntungan lebih bagi Anda, intinya Anda harus teliti dan kritis sebelum menyetujui prosesnya. Bertanyalah sejelas mungkin pada pihak dealer atau sales yang melayani dan menanganinya. Hindari tergiur dengan Uang Muka kecil serta hal lain yang dapat merugikan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar