5 Tips Jitu Saat Buat Janji Dokter untuk Konsultasi Kandungan


Momen hamil merupakan salah satu kondisi dimana calon ibu harus menjaga kondisi fisik maupun psikis agar selalu stabil. Konsumsi makanan dan vitamin merupakan salah satu upaya paling umum yang banyak dilakukan agar janin didalam rahim dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, melakukan konsultasi atau buat janji dokter kandungan untuk melakukan pengecekan secara rutin juga perlu dilakukan agar dapat mengetahui kondisi terkini calon buah hati Anda.

Sudah menjadi hal umum, bahwa dokter kandungan masuk dalam daftar dokter yang sangat sibuk, sehingga untuk membuat janji konsultasi dengan dokter tersebut, ada sebagian pasien yang harus membuat janji jauh hari sebelumnya. Hal ini dikarenakan dokter kandungan memiliki tanggung jawab penuh pada pasien yang sedang ditangani, baik sebelum, pada saat maupun setelah melakukan proses persalinan.

Pada beberapa kasus antrian konsultasi yang panjang membuat Anda kurang puas saat melakukan konsultasi, terlebih lagi, jika di hari yang sama dokter akan melakukan tindakan medis tertentu, maka waktu pertemuan biasanya akan dipersingkat agar lebih cepat selesai. Untuk itu, agar Anda tetap dapat memaksimalkan pertemuan dan konsultasi dengan dokter kandungan, berikut beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Sebelum waktu pertemuan dengan dokter tiba, Anda sebaiknya telah membuat list mengenai pertanyaan apa saja yang akan Anda ajukan. Meskipun terkesan sepele, namun persiapan ini sangat penting karena terkadang Anda justru lupa pertanyaan apa saja yang akan Anda ajukan ketika telah bertemu dengan dokter.
  • Tidak ada salahnya langsung menunjukan catatan atau daftar pertanyaan Anda kepada dokter kandungan, selain dapat membuat suasana menjadi lebih cair dan rileks, hal tersebut juga dapat membuat waktu menjadi lebih efisien untuk membahas hal yang memang ingin Anda ketahui.
  • Pada beberapa kasus, dokter terkadang menggunakan beberapa istilah medis yang tidak diketahui pasien, jika kondisi seperti ini terjadi, maka jangan sungkan untuk mengutarakan bahwa Anda tidak memahami bahasa tersebut dan mintalah untuk menggunakan bahasa umum yang mudah Anda pahami.
  • Sampaikan semua kekhawatiran Anda mengenai momen kehamilan yang sedang Anda jalani, usahakan untuk mengatakan semua dengan jujur tanpa ada yang Anda tutupi untuk membantu perkembangan janin agar tumbuh dengan baik.
  • Hal terakhir yang perlu Anda coba adalah mintalah nomor telepon atau wa pribadi dokter kandungan tersebut untuk mengantisipasi kondisi darurat tertentu. Beberapa dokter biasanya akan memberikan kontak pribadi dengan senang hati agar dapat membantu semua problem yang dialami pasiennya.

Menemukan dokter yang sehati dan sesuai dengan keinginan Anda memang bukan hal yang mudah, hal ini dikarenakan sudut pandang dan kecocokan setiap orang umumnya akan berbeda. Akan tetapi, Anda juga tidak boleh asal dalam memilih dokter, terlebih lagi jika memasuki fase awal kehamilan anak pertama karena jika sampai salah pilih dapat memberikan dampak tidak baik untuk kondisi Anda maupun calon buah hati nantinya. Dokter yang selalu peduli dengan keadaan pasien dan bersedia meluangkan waktu dalam kondisi sesibuk apapun adalah salah satu dokter terbaik yang harus Anda temukan.

Demikian ulasan mengenai tips jitu yang harus Anda lakukan saat buat janji dokter kandungan. Dengan melakukan beberapa tips di atas, maka selain proses konsultasi akan berjalan lancar, kehamilan Anda sudah pasti aman dan janin dapat tumbuh dengan baik. Karena kehamilan merupakan momen bahagia yang dinantikan oleh Anda bersama pasangan, maka selalu berikan upaya terbaik untuk memperlancar momen tersebut sampai si kecil lahir ke dunia nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar