Tips Perawatan Terbaik untuk Mobil Bermesin Diesel

Mobil Bermesin Diesel

Mesin mobil diesel kini menjadi kamulan bagi setiap orang yang menggemarinya, sekarang banyak mobil yang menggunakan mesin diesel yang ramah lingkungan dan tidak berisik, salah satunya yaitu Toyota DNYA yang merupakan mobil besar berkualitas tangguh dan efisien. Mobil jenis ini terkenal karena performanya lebih gahar dari mobil yang menggunakan bahan bakar bensin.

Pastinya mobil bermesin diesel ini sangat cocok bagi kamu yang suka keluar kota perjalanan melewati medan off road. Mobil ini juga mampu melewati jalan menanjak yang lumayan terjal maupun jalan yang banjir. 

Mobil diesel jaman sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Jika dulu mobil diesel identik dengan mobil "kelas berat" seperti, truk, bus dan lain sebagainya, namun kali ini mobil diesel telah berkembang dengan pesat ke pasar mobil SUV atau masuk ke dalam ketegori mobil keluarga.

Namun, mobil bermesin diesel membutuhkan perawatan layaknya mobil yang berjenis bahan bakar bensin. Berikut ini beberapa tips perwatan terbaik untuk mobil bermesin diesel.

Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan
Dengan Memanaskan mesin kendaraan kurang lebih 10 menit, maka akan memberikan pelumasan pada komponen mesin mobil. Selain itu memanaskan mesin mobil selama 10 menit juga akan mencegah terjadinya kaget pada komponen mesin yang bergesekan.

Mengganti Filter Solar Secara Rutin
Tips yang selanjutnya dalam merawat mesin mobil diesel ini merupakan tips yang sangat penting, karena bisa menjaga mesin mobil tetap awet. Mengganti filter solar secara berkala atau rutin ini tujuannya agar mesin mobil terhindar dari kotoran yang dapat menghambat bahan bakar ke dalam pompa injeksi mesin. 

Selain itu, mengganti filter solar secara berkala juga dapat menghindari air dan kotoran yang bisa merusak pompa injeksi mesin solar. Karena itu, bersihkan mesin mobil secara teratur supaya kinerja mesin tetap baik dan terhindar dari kerusakan.

Gunakan Oli Mesin Sesuai Dengan Jenis Diesel
Agar kinerja diesel bekerja dengan baik, maka gunakanlah oli mesin sesuai dengan mesin diesel yang dipakai pada mobil. Karena oli yang digunakan pada diesel juga akan sangat mempengaruhi kinerjanya. Maka pilihlah yang terbaik.

Hindari Penggunaan Mobil Hingga Tangki Solar Kosong
Tips merawat mobil bermesin diesel selanjutnya yaitu dengan mencegah tangki solar kosong. Supaya mesin mobil terhindar dari pengembunan yang dapat merusak filter solar mobil, maka hindarilah memakai mobil hingga tangki solarnya minim. Jika solar kira-kira akan habis, segera isilah.

Gunakan Solar Berkualitas Baik
Cara merawat mobil diesel dengan mengecek kondisi mesin tentu harus didukung dengan menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas. Caranya yaitu, gunakan bahan bakar solar berkadar sulfur rendah untuk mobil diesel kamu.

Penggunaan bahan bakar solar berkadar sulfur rendah dapat mempengaruhi tarikan mesin supaya lebih ringan dan suara mesin akan terdengar lebih halus. Selain itu, asap yang dikeluarkan dari knalpot akan lebih bersih dan lebih sedikit.

Rutin Periksa Filter Udara
Mesin diesel itu menggunakan kompresi yang tinggi bisa mencapai 200 bar. filter udara pada mobil diesel lebih sensitif di bandingkan dengan filter udara pada mobil bensin. Jadi dengan adanya kompresi yang tinggi ini menyebabkan kotoran seperti debu serta partikel yang lain bisa juga masuk ke dalam ruang pembakaran. 

Jika sudaj seperti itu bisa mengakibatkan tergoresnya dinding silinder pada ruang pembakaran, jadi wajib pengecekan secara rutin untuk filter udara di mobil diesel.

Gunakan Spare Part Asli
Jika kamu hendak mengganti spare part mesin mobil yang dimiliki, maka gantilah dengan spare part yang asli dan memang cocok untuk mesin mobil yang kamu miliki.

0 komentar:

Posting Komentar