Beberapa Penyebab Rambut Rontok yang Sering Terjadi

Beberapa Penyebab Rambut Rontok yang Sering Terjadi

Semua wanita pasti menginginkan rambut yang indah dan tebal Namun rambut rontok membuatmu akan menjadi tidak percaya diri, Meskipun begitu, hampir semua orang pernah mengalami masalah rambut rontok. Oleh sebab itu, kamu harus tau penyebab rambut rontok yang sedang kamu alami.

Kerontokan rambut dianggap normal jika jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. Namun jika berlebihan maka kerontokan rambut bukan hanya membuat seseorang merasa kurang percaya diri saja, namun bisa menyebabkan kebotakan. Nah, berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang sering terjadi.

Gangguan Hormon
Hormon Alopesia Androgenetik adalah penyebab kebotakan yang rata-rata terjadi pada pria dan wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan penyakit keturunan,  dan penyebabnya yaitu meningkatnya sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap hormon Dihydro Testosterone (DHT). 

Penyakit autonium merupakan gangguan hormone. Hormon Alopesia Areata dapat menyebabkan rambut rontok dan menjadi botak. Kerontokan jenis ini tidak permanen, biasanya rambut akan tumbuh kembali setelah satu tahun.

Pengaruh Gizi dan Vitamin
Kesehatan kulit kepala perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup karena kulit kepala adalah tempat tumbuhnya rambut indahmu. Asupan gizi dan vitamin yang kurang dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok.

Penggunaan Bahan Kimia
Sering mewarnai rambut dan zat kimia yang digunakan pada proses penataan rambut dapat memicu kerusakan serta memperparah kerontokan bagi rambutmu.

Alat Penata Rambut
Penggunaan alat penata rambut dapat berdampak buruk bagi rambut. Pengunaan alat kerating, alat catok, atau pengering rambut yang digunakan akan membuat rambut menjadi kering, pecah-pecah, bercabang dan membuat rambut mudah patah sehingga menyebabkan kerontokan.

Efek Samping Obat
Obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi umumnya memiliki efek samping membuat rambut rontok. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.

Jarang Keramas
Jarang keramas akan membuat rambut menjadi berminyak dan lembab. Ketika terpapar sinar matahari, rambut yang berkeringat menjadi mudah rontok karena keadaan lembab membuat rambut menjadi rapuh. Selain itu, pada saat keramas, menggosok kepala dengan berlebihan dapat merusak folikel rambut dan dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

0 komentar:

Posting Komentar