6 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Flashdisk

Kingston

Di zaman sekarang ini, semua media penyimpanannya serba elektronik. Anda bisa menyimpan file-file penting di Clouds, di internal laptop, atau di hardisk eksternal. Namun tahukah Anda jika penggunaan flashdisk juga masih sangat penting dalam menyimpan dan mentransfer data? Nah bagi Anda yang belum punya flashdisk dan berniat membelinya, yuk simak tentang tips membelinya dan mengapa merk Kingston direkomendasikan.

Ketahui Hal ini Sebelum Membeli Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu perangkat penyimpanan yang bisa Anda bawa kemana saja dengan mudah dan anti ribet. Selain bisa untuk menyimpan, perangkat ini juga bisa untuk mentransfer data antar komputer ke komputer atau antar komputer ke ponsel. Salah satu merk rekomendasi adalah Kingston. Lalu, apa saja sebaiknya yang harus diperhatikan sebelum membeli alat yang terintegrasi dengan USB ini?

1. Kualitas Casing

Ada beragam model casing flashdisk yang bisa Anda temui di pasaran. Dari waktu ke waktu, kualitasnya pun juga semakin beragam. Tidak jarang banyak orang yang tertarik untuk membeli sebuah flashdisk hanya karena modelnya yang lucu dan unik. Padahal belum tentu, kualitas dari flashdisk tersebut mumpuni untuk pemakaian berulang. Untuk itu, pilihlah flashdisk dengan kualitas casing yang kuat.

2. Ukuran Casing

Selain dari kualitasnya, ukuran casing juga harus Anda perhatikan. Pilihlah casing yang ukurannya tidak terlalu besar agar port USB tidak terhalangi oleh casing itu sendiri. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih casing dengan ukuran kecil agar bisa berdampingan dengan port USB.

3. Ketahanan Fisik

Bisa Anda bayangkan jika flashdisk Anda tak sengaja terjatuh dan langsung tidak bisa digunakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Anda memeriksa seberapa kuat ketahanan fisik yang dimiliki oleh flashdisk Anda. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa melapisinya dengan karet pelindung agar ketika terjadi benturan, flashdisk tidak pecah atau rusak.

4. Kapasitas Penyimpanan

Ketika membeli flashdisk, cobalah pilih flashdisk dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Jangan membeli flashdisk dengan kapasitas penyimpanan hanya 1 -2 GB saja. 

Selain tidak memenuhi penggunaan Anda, harga flashdisk dengan kapasitas ini tidak berbeda jauh dengan harga kapasitas besar. Lebih baik, pilihlah flashdisk berkapasitas 6 – 32 GB agar memudahkan transfer file Anda dan juga hemat biaya.

5. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data juga sangat perlu untuk diperhatikan oleh Anda. Selain kapasitas yang besar, kecepatan transfer data juga berpengaruh pada proses pemindahan file Anda dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Sebagai rekomendasi, pilihlah flashdisk yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 34 Mbyte/s atau 277 Mbit/s. Semakin cepat transfer datanya, maka semakin singkat pula waktu transfernya.

6. Flashdisk Original

Sekarang ini banyak oknum nakal yang memalsukan barang. Terlebih jika merek yang dipalsukan sangat laris dan populer. Selain itu, ada banyak orang awam yang tidak tahu mana perbedaan antara flashdisk original dan palsu. Untuk itu, usahakan beli di gerai terpercaya yang menjadi langganan Anda dan jangan pernah membeli asal-asalan di sembarang tempat meski harganya sangat murah.

Demikian ulasan mengenai hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah flashdisk. Nah bagi Anda yang hendak membeli perangkat transfer file ini, ada baiknya Anda membeli merk terpercaya. Salah satu merk yang bisa Anda percayai adalah Kingston. Selain berkualitas, merk ini juga harganya terjangkau. Semoga ulasannya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar