Si Kecil Masuk Angin? Obati dengan 5 Cara Ini

Si Kecil Masuk Angin? Obati dengan 5 Cara Ini

Istilah ‘masuk angin’ memang populer di masyarakat Indonesia. Dalam dunia kedokteran, ternyata masuk angin bukanlah jenis penyakit. Melainkan gejala yang timbul ketika tubuh terinfeksi suatu penyakit. Lalu, bagaimana mengatasi masuk angin yang tepat untuk si kecil?

Penyebab masuk angin bisa bermacam-macam. Diantaranya perubahan cuaca, kehujanan, gangguan makan, dan sebagainya. Pada dasarnya, tidak bisa disimpulkan secara pasti penyebab utamanya. Namun, ketika si kecil masuk Angin, Bunda perlu melakukan penanganan yang tepat.

Cara Mengobati Masuk Angin Pada Anak


1. Mengerok dengan Bawang Putih

Kerokan menjadi tradisi pengobatan yang melekat di masyarakat. Kerokan biasanya dilakukan dengan koin untuk melancarkan aliran darah. Lalu, bagaimana cara kerokan yang benar untuk anak-anak? Bunda bisa menggunakan bawang merah sebagai pengganti koin.

Mengerok anak kecil dengan koin tentu akan menimbulkan rasa sakit pada kulit si Kecil. Bawang merah dikenal memiliki kandungan senyawa turunan alkaloid yang dapat meredakan gejala penyakit. Bunda bisa memotongnya terlebih dahulu menjadi ukuran yang lebih kecil.

Namun, mengerok dengan bawang merah sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama. Hal ini karena efek panas yang ditimbulkan. Jika terlalu lama, kulit si Kecil bisa terkena iritasi.

2. Menggunakan Minyak Telon

Minyak telon selalu digunakan dari generasi ke generasi dan dipercaya para ibu di tanah air. Sleek Baby Telon oil memiliki kandungan bahan alami yang lebih banyak dari telon biasa. Minyak telon ini memiliki aroma dan kehangatan yang pas untuk kulit bayi.

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Cukup balurkan di area perut, punggung, dada, dan telapak kaki bayi. 

3. Memasang Humidifier

Masuk angin seringkali dibarengi dengan gejala batuk dan pilek yang menyebabkan hidung si Kecil tersumbat. Salah satu cara praktis yang untuk mengatasinya adalah alat pelembab udara, yaitu humidifier. 

Batuk dan pilek biasanya disebabkan bakteri dan jamur yang menginfeksi tubuh bayi. Penggunaan humidifier ini dapat membuat udara menjadi steril kembali dan pernapasan si Kecil pun kembali normal.

Informasi cara yang ampuh mengatasi masuk angin bisa Bunda lihat pada link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/anak-masuk-angin-begini-cara-meredakannya-yang-paling-ampuh 

3. Jauhkan si Kecil dari Kipas Angin

Udara yang dingin dapat memperparah gejala masuk angin pada anak. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menjauhkannya dari kipas angin maupun ruangan ber-AC. Jika dibiarkan berada di suhu dingin, si Kecil bisa mengalami batuk dan pilek yang bertambah parah.

4. Istirahat yang Cukup

Menurut jurnal kesehatan di University of Pennsylvania, tidur yang cukup berkaitan erat dengan proses pemulihan. Oleh karena itu, sebaiknya biarkan si Kecil istirahat lebih banyak ketika sakit. Dengan demikian, proses penyembuhan pun bisa lebih cepat dan anak aktif kembali.

5. Memberikan Sup Hangat

Sup hangat menjadi salah satu makanan yang tepat diberikan saat si Kecil masuk angin. Sup hangat memberikan efek pencernaan yang nyaman. Bunda bisa memadukannya dengan sayuran kesukaan si kecil. Selain rasanya yang enak, manfaatnya pun tidak perlu diragukan untuk kesehatan.

Makanan ini tidak perlu sampai dihabiskan, sebaiknya biarkan anak mengonsumsinya sesuai kesanggupannya ketika sakit.

Memberikan pengobatan yang tepat ketika si Kecil masuk angin ternyata cukup mudah. Namun, bunda juga perlu memperhatikan proses penyembuhannya. Jika ternyata gejala masuk angin berlanjut dengan demam tinggi, sebaiknya segera bawa ke dokter.

Sebagai langkah awal, tentunya Bunda bisa mengoleskan Sleek Baby Telon Oil terlebih dahulu. Lakukan secara rutin agar tubuh bayi menjadi hangat dan nyaman. Bunda perlu memantau terus gejala yang timbul agar proses pemulihan berjalan dengan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar