Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Sebagai orang tua tentunya ingin mendidik anaknya agar lebih patuh. Namun, ternyata mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Setiap anak pasti memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan begitu peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter serta kepribadiannya. Ada beberapa cara mendidik anak  yang baik dan benar yang bisa anda terapkan ke buah hati anda.

Cara Mendidik Untuk Anak yang Baik dan Benar

1. Asah Rasa Ingin Tahu Sang Anak Sejak Dini

Sejak kecil, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan bertanya mengenai benda-benda yang mereka temukan di sekelilingnya. Salah satu cara mendidiknya adalah dengan berusaha untuk selalu menjawab semua pertanyaan anak dengan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami olehnya. Hindari memberikan jawaban tidak tahu. Serta selalu libatkan diri anda ketika anak sedang tertarik untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

2. Hargai Pendapatnya

Dengan memberikan anak kebebasan untuk berpendapat, anda bisa mengetahui apa saja pendapatnya mengenai suatu hal. Selain itu, sebagai orang tua harus bisa mendengarkan apapun ide atau pendapat yang mereka utarakan. Apabila ada pendapat yang kurang tepat menurut anda, sebaiknya berikanlah respon yang positif dan penjelasan yang mudah. Begitu juga apabila anak memberikan pendapat yang baik, maka jangan ragu untuk memujinya. Inilah cara mendidik anak selanjutnya

Jika anda sedang memberi perintah kepada anak anda, bukan berarti anda tidak mendengar alasan mereka. Bisa jadi mereka sedang merasa lelah atau kesal dengan suasana sekolah, atau memiliki masalah dengan teman bermainnya. Anda bisa menunjukkan sikap untuk mau mendengar semua keluhan mereka. Dengan begitu, anak anda akan bisa mengemukakan semua pendapatnya kepada anda.

3. Tanamkan Sifat Empati

Ajari anak anda untuk memiliki rasa peduli terhadap orang di sekelilingnya agar menumbuhkan rasa simpati dan empati terhadap orang yang sedang kesusahan. Contohnya, ajari mereka untuk menyumbangkan sebagian uang jajannya untuk mereka yang kurang mampu. Berikan penjelasan pula kepada mereka mengapa harus berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

4. Biarkan Anak Menentukan Pilihan

Dengan membiarkan mereka untuk menentukan pilihannya merupakan cara mendidik anak selanjutnya. Anak yang pemberani dan memiliki mental tangguh adalah seorang anak yang dapat menentukan pilihannya sendiri dan dapat memecahkan masalahnya sendiri. Sebagai contohnya, anda bisa memberikan beberapa pilihan menu makanan apa yang akan mereka makan.

Jangan paksakan kehendak anda untuk menyuruh anak anda melakukan suatu hal yang tidak disukainya. Misalnya saja, saat akan melakukan bepergian anda menyuruh anak anda untuk memakai pakaian yang tebal agar tidak kedinginan tapi ternyata mereka tidak menyukai pakaian tersebut. Maka jangan memaksanya, cukup berikanlah penjelasan yang lebih mudah untuk mereka fahami. 

5. Tanamkan Sifat Disiplin dan Tanggung Jawab

Biasakan anak untuk disiplin, dengan begitu salah satu cara mendidik anak ini dapat menjadi kunci perkembangan anak yang efektif ketika ia dewasa kelak. Anak yang disiplin dan memiliki tanggung jawab akan lebih mudah untuk mengatur hidup dan tentunya mampu menjalani hidupnya secara mandiri. Mulailah dari hal yang sederhana, yaitu anda bisa mengajarkan seperti merapikan tempat tidur atau membuang sampah ke tempatnya kemudian berikan juga ajaran untuk bangun tidur, makan, dan belajar tepat waktu. 

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, anda dapat mendidik anak anda dengan benar. Tak perlu terburu-buru, cukup perlahan saja. Karena tidak semua anak bisa dengan cepat memahami cara mendidik yang diterapkan oleh orang tua kepadanya. Berikan perhatian penuh terhadap anak anda dan perhatikan setiap perkembangannya. Dengan begitu, anak anda akan tumbuh berkembang dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar