Mudah Dibuat, Yuk Cari Tahu Resep Salmon Mentai di Sini

Resep Salmon Mentai
Hidangan dengan menu ikan memang selalu menggoda. Tak hanya rasanya yang gurih dan lezat, menu ikan juga kaya akan protein. Salah satu olahan ikan yang banyak digemari adalah salmon mentai rice. Awalnya, bahan utama yang digunakan adalah ikan kod, namun karena sulit didapat akhirnya di Indonesia diganti dengan ikan salmon. Masakan ini mudah dibuat, sehingga anda bisa mencobanya di rumah. Agar langsung bisa dipraktekkan, berikut resep salmon mentai.

Menyiapkan Bahan Salmon Mentai Rice

Bahan untuk masakan ini  tergolong simpel, yaitu terdiri dari bahan dasar dan bahan saus mentai. Adapun bahan dasar terdiri dari dua porsi nasi susi, 2 sendok makan bubuk nori, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan minyak wijen. Selanjutnya anda perlu menyiapkan 130 gram ikan salmon yang sebelumnya diiris tipis tipis . Campurkan irisan ikan salmon ini dengan kecap asin dan letakkan di sebuah wadah, sisihkan.

Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk saus mentai tidak terlalu banyak, diantaranya 200 ml mayones Jepang, 1 sendok makan mentaiko, 1 sendok teh saus sambal, serta bubuk cabe. Untuk bahan saus mentai ini memang tidak semua tempat menjualnya. Jika kesulitan mencari bahan tersebut di toko sekitar rumah anda, anda bisa berbelanja via online di Blibli. Anda tinggal memilih dan memesan di rumah, maka belanja akan diantarkan ke alamat anda.

Cara Memasak Salmon Bumbu Mentai

Setelah resep salmon mentai sudah lengkap, maka selanjutnya anda tinggal mengeksekusinya. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mencampurkan semua bahan saus mentai dan aduk secara hingga merata agar menghasilkan rasa yang sempurna. Mentaiko memang cenderung sulit ditemukan, sehingga anda bisa menggantinya dengan tobiko yang  juga memiliki nilai gizi tinggi dan sering dipakai pada kreasi ikan salmon.

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan bumbu pada nasi sushi dengan bubuk nori, minyak wijen serta kecap asin. Setelah itu, aduk bahan ini sampai tercampur merata dan letakkan di dalam wadah aluminium. Lalu letakkan irisan salmon ke dalam loyang kemudian panggang dengan memakai blow torch hingga 1 maupun 2 menit. Apabila tidak memiliki blow torch, anda bisa mengganti dengan oven untuk memanggang irisan salmon tersebut.

Setelah ikan salmon dirasa matang, resep salmon mentai selanjutnya yaitu menyiapkan nasi susi dan letakkan irisan salmon panggang di atasnya. Kemudian tuangkan saus mentai yang sudah dibuat sebelumnya di atas nasi sushi dan salmon hingga tampak merata. Setelah itu, panggang bagian permukaan saus mentai sehingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Namun, usahakan agar tidak memegangnya sampai gosong karena akan mempengaruhi rasa dan tampilannya.

Setelah selesai di panggang, hidangkan kreasi salmon ini dengan menambahkan bubuk nori sebagai garnish. Anda sudah bisa menikmatinya  atau menyajikan kepada orang tercinta. Jika tidak ada bumbu nori, anda bisa menggantinya dengan nori sheet, sehingga tinggal menggunting dan menghancurkan nori yang kering lalu dicampurkan di atas nasi. Anda juga bisa menambahkan bahan yang lain seperti crab stick maupun sosis pada resep salmon mentai ini. 

Nah itulah cara memasak salmon saus mentai yang bisa anda coba di rumah. Jadi tidak perlu harus mengeluarkan uang mahal mahal untuk ke cafe dan menikmati kreasi salmon satu ini.agar rasanya lebih enak, anda bisa menumis nasi terlebih dahulu dengan mentega dan bawang putih cincang, kemudian tambahkan dengan bubuk nori. Agar mendapatkan bahannya lebih mudah, anda bisa berbelanja via online di Blibli. 

0 komentar:

Posting Komentar