Berwisata Lokal Menikmati Simpang Lima Semarang

Berwisata Lokal Menikmati Simpang Lima Semarang
sumber : labirutour.com

Apakah Anda pernah berkunjung ke Semarang? Jika ya, Anda pasti tahu salah satu landmark kota yang menjadi pusat aktivitas masyarakat di Kota Lumpia ini, yaitu Simpang Lima Semarang. Sesuai namanya, Simpang Lima adalah pertemuan 5 ruas jalan protokol di Semarang. 

Karena akses transportasi yang sangat mudah, kawasan ini hampir setiap saat dipadati pengunjung. Namun, puncak keramaian terjadi pada akhir pekan. Banyak orang datang ke Simpang Lima Semarang sekadar untuk nongkrong atau cuci mata di mall.

Jika Anda penasaran, aktivitas seru apa saja yang bisa Anda lakukan selama berada di Simpang Lima, berikut ini aktivitas-aktivitas seru yang tentu saja perlu kamu coba.

Main ke Car Free Day

Aktivitas seru yang pertama adalah main ke Car Free Day di pagi hari. Layaknya di Car Free Day di kota-kota lainnya, kamu bisa jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan Simpang Lima di pagi hari. Car Free Day ini mulai dari jam 6 hingga 9 pagi.

Selain CFD, seringkali di Simpang Lima ini diadakan event-event khusus yang pastinya worth it untuk kamu kunjungi selama liburan di Semarang. Beberapa event khusus tersebut diantaranya adalah Festival Dugdera, pawai Hari Kemerdekaan, dan masih banyak lainnya.

Bersantai Bareng Warga/Komunitas Lokal

Ada yang bilang kalau traveling ke daerah  Simpang Lima itu belum lengkap kalau belum berbaur dengan warga lokal. Nah, Simpang Lima Semarang bisa jadi tempat yang tepat untuk mendapatkan pengalaman tersebut.

Pasalnya, alun-alun seluas 50 x 15 m2 ini sudah seperti tempat pelarian warga setempat untuk melepas penat. Terutama Simpang Lima Semarang pada malam hari dan akhir pekan.

Kalau Anda sedang berwisata seorang diri, cobalah membuka perbincangan dengan warga setempat di sana. Tunjukkan sikap antusias untuk mengenal Semarang lebih dalam. Siapa tahu ada informasi penting yang hanya diketahui warga setempat.

Apalagi, Lapangan Pancasila juga sering dijadikan tempat berkumpul komunitas-komunitas lokal. Coba cari tahu jadwal berkumpul komunitas yang sesuai dengan minat Anda dan bergabunglah.

Berburu Jajanan Simpang Lima

Selain pusat perbelanjaan, Anda juga akan menjumpai banyak penjual makanan yang menggugah selera mangkal di sekitar area Simpang Lima Semarang. Ini dia daftarnya.

a. Nasi Ayam Bu Sami

Salah satu kuliner Simpang Lima yang bisa Anda coba adalah Nasi Ayam Bu Sami. Tempat makan yang terletak di pojok Matahari Mall ini selalu ramai oleh pembeli. Warung nasi liwet bercita rasa lezat ini memang unik karena baru mulai buka pada pukul 11 malam dan tutup pukul 6 pagi.

b. Tahu Petis Prasojo

Kalau Anda sedang jalan-jalan sore di Simpang Lima, jangan lupa untuk mampir ke area Pujasera yang cukup ramai. Ada salah satu kuliner khas Semarang yang menarik untuk dicoba, yaitu tahu petis.

Tahu petis paling kondang, khususnya di kawasan Simpang Lima, adalah Tahu Petis Prasojo. Telah dirintis sejak 1980, bisnis tahu petis ini masih eksis hingga sekarang. Apalagi kalau bukan karena rasanya yang sedap dan bikin ketagihan.

c. Nasi Kucing

Di Semarang, Anda akan menemukan banyak penjual nasi kucing. Ini adalah istilah untuk menyebut gerobak yang menjual aneka nasi dengan porsi yang sedikit. Selain itu, ada pula berbagai menu tambahan seperti gorengan dan sate.
Bagi Anda yang ingin sekadar menikmati suasana Simpang Lima pada malam hari, mampirlah sejenak di salah satu gerobak nasi kucing. Sembari mengisi perut dan meminum  susu jahe, kamu juga dapat bercakap-cakap dengan para pengunjung lain.

 
Tentunya berwisata di Simpang Lima Semarang, akan sangat seru jika dilakukan bersama teman dan keluarga. Jangan sampai terlewat ketika berkunjung ke Semarang yha.

0 komentar:

Posting Komentar