Ketahui Dulu Hal-hal Ini Sebelum Gadai Surat Rumah Anda

Ketahui Dulu Hal-hal Ini Sebelum Gadai Surat Rumah Anda

Masalah keuangan memang menjadi hal yang cukup banyak dialami oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah, karena dari segi pemasukan sendiri juga tidak begitu besar dan juga gaya hidup yang terkadang tidak sesuai dengan kemampuan. Belum lagi jika dilihat semakin kesini tuntutan hidup Anda juga semakin tinggi. Sehingga membuat banyak kalangan harus memutar otak untuk menghadapi hal tersebut, banyak diantaranya yang mengambil jalan pintas yaitu dengan berhutang, gadai surat rumah jika seandainya kondisi sudah benar-benar mendesak.
 
Menggadaikan surat berharga seperti diantaranya adalah surat rumah ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, melainkan karena kondisi memang sudah terpepet dan ini adalah satu-satunya set yang dimiliki. Jika seandainya dijadikan sebagai agunan atau jaminan, maka kemungkinan besar nantinya nilai pinjaman yang bisa Anda dapatkan juga cukup besar untuk memenuhi kebutuhan hidup, digunakan sebagai modal usaha sampai dengan menutup hutang yang dimiliki.
 
Hanya saja alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu sebelum nantinya memutuskan untuk menggadaikan surat berharga tersebut, agar tidak menyesal, yaitu:
 
  1. Memilih bank, hampir semua lembaga keuangan besar menawarkan produk Kredit Multiguna atau yang dikenal juga sebagai kredit dengan jaminan, bentuknya bisa surat-surat berharga kendaraan maupun rumah ini. Hanya saja tidak semua bank juga dapat dipercaya. Itulah mengapa hendaknya debitur sendiri yang harusnya lebih selektif dalam menentukan manakah diantara bank yang benar-benar terpercaya dan juga tidak. Termasuk diantaranya adalah yang menawarkan bunga kecil, jaminan kemudahan bagi nasabahnya di dalam mengambil pinjaman, juga melihat pengalaman dari orang-orang yang sudah pernah mengajukan produk pinjaman ini, apakah setelah hutang lunas maka sertifikat akan langsung diberikan ataukah tidak. Anda juga harus membandingkan dengan beberapa bank lainnya terlebih dahulu.
  2. Syarat dan ketentuan, pada dasarnya untuk syarat dan juga ketentuan yang ditetapkan oleh setiap bank tidak beda jauh, misalnya adalah dari segi usia minimal, penghasilan tetap yang dimiliki sampai dengan masa kerjanya. Ini diberlakukan untuk membuktikan kesanggupan dari calon nasabah tersebut dalam membayar hutang atau uang cicilan yang menjadi tanggung jawab mereka.
  3. Kelengkapan dokumen, pastikan juga untuk melengkapi semua dokumen yang diminta oleh pihak bank tersebut. Jangan sampai ada satupun diantaranya yang terlewatkan. Karena jika sampai ada satu saja dokumen yang kurang, maka bisa jadi nantinya pengajuan kredit Anda tersebut juga akan gagal atau ditolak, mulai diantaranya adalah fotocopy data diri seperti KK maupun KTP, slip gaji, NPWP, fotocopy buku rekening 3 bulan terakhir sampai dengan sertifikat rumah asli tersebut.
  4. Ketahui juga apa konsekuensi atau resikonya ketika kredit macet, ini juga jadi hal yang penting untuk Anda pertimbangkan. Karena memang ada kalanya pemasukan seret sehingga Anda juga tidak dapat membayar uang cicilan atau kredit secara rutin. Jika sampai terjadi hal semacam ini maka Anda juga harus mengetahui konsekuensi yang diberikan bank, apakah masih ada toleransi ataukah mungkin bank secara langsung akan menyita rumah yang Anda jadikan sebagai agunan tersebut.
 
Itulah setidaknya beberapa informasi yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan gadai surat rumah, meskipun plafon pinjaman yang satu ini terbilang cukup besar dibandingkan dengan yang lainnya. Namun hendaknya Anda juga harus tetap mempertimbangkan resiko-resiko yang mungkin saja terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar