Performa Tetap Terjaga, Simak Komponen Mobil Yang Membutuhkan Servis Berkala di Bengkel Toyota

Performa Tetap Terjaga, Simak Komponen Mobil Yang Membutuhkan Servis Berkala di Bengkel Toyota

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang memerlukan perawatan rutin. Hal ini dikarenakan, beberapa komponen dalam mobil bisa saja alami kerusakan meski dipakai secara normal. Sebagai pemilik mobil, anda tidak ingin jika mobil mengalami kerusakan bukan? Untuk itu, mobil perlu dirawat secara rutin dengan melakukan servis berkala. Lantas, apa saja komponen mobil yang harus diservis di bengkel service Toyota resmi? Berikut ulasannya.

Kaki Kaki Bagian Bawah Mobil Yang Penting

Perlu anda tahu, beberapa jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus. Kebanyakan jalanan memiliki lubang atau permukaan yang bergelombang. Dengan kondisi demikian, membuat kaki kaki mobil rentan mengalami kerusakan. Biasanya, bagian dalam mobil tersebut rusak karena bekerja dengan sistem yang terlalu keras untuk dapat lewati jalanan yang kasar. Jika terdapat bagian kaki yang alami kerusakan, sebaiknya segera di servis agar tidak bertambah parah.

Bagian dan komponen mobil tersebut diantaranya, tierod, ball joint, stabilizer, dan boshing. Komponen tersebut memiliki rentang usia pemakaian sekitar 100.000 km atau setara dengan kurun waktu sekitar 5 tahun. Namun, apabila mobil tersebut sering kali melewati jalanan yang rusak bisa mempercepat waktu kerusakan yang semakin parah. Tak hanya itu, pemakaian dan karakter pengemudi yang kasar juga dapat memperparah kondisi komponen.

Gejala kerusakan komponen kaki mobil pada ball joint dan tierod biasanya ditandai dengan keluarnya suara bising yang mengganggu sesuai dengan deteksi mekanik Toyota home servis. Jika kondisi tersebut tetap didiamkan, maka kerusakan akan bertambah parah. Bahkan, hal tersebut juga bisa membuat ban copot dari tempatnya. Perbaikan awal dapat dilakukan dengan cara mengganti komponen tersebut dengan yang lebih baru. 

Perawatan Balancing Dan Spooring Mobil Toyota

Komponen penting yang harus diberikan perawatan servis berkala ialah spooring dan balancing. Seperti yang sudah dijelaskan, mobil yang terlalu sering melewati jalanan dengan permukaan kasar akan mengakibatkan posisi roda mengalami perubahan dengan cepat. Ada banyak sekali bengkel seperti servis Toyota yang menawarkan jasa perbaikan dan perawatan spooring atau balancing dengan harga yang sangat ekonomis.

Sebagai informasi, perawatan spooring dilakukan untuk mengembalikan kelurusan dan kedudukan empat roda mobil seperti sediakala. Proses pelurusan spooring dilakukan dari bagian depan terlebih dahulu. Sesuai namanya, balancing dilakukan untuk menyeimbangkan kembali komponen yang berubah tempat dan menjadi tidak seimbang. Caranya ialah menyelaraskan kembali putaran pada masing masing roda agar tidak berat sebelah.

Komponen lain yang harus diperbaiki di service Toyota resmi ialah kerusakan bagian bushing. Mobil yang sering melintasi jalanan dengan permukaan kasar akan menimbulkan benturan dan gesekan pada bagian bushing mobil. Bushing terbuat dari karet, jika bagian tersebut terlalu banyak mengalami gesekan maka bahannya tidak akan elastis lagi. Hal tersebut bisa menjadikan bahaya bagi setiap pengendaranya.

Mengingat bagian bushing merupakan komponen yang digunakan untuk menyeimbangkan antara bagian suspensi kanan dan kiri, maka harus diberi perawatan se efisiensi mungkin. Rata rata pengerjaan perbaikan bushing yang rusak memakan waktu sekitar 3 jam. Namun, jika anda melakukan perawatan ini di bengkel Toyota, para mekanik handal akan mengerjakannya dengan kurun waktu yang lebih cepat. Tentunya dengan harga yang bisa dibicarakan.

Bagian Air Condition Dalam Mobil Toyota

Pendingin udara dalam mobil akan bekerja dengan keras jika digunakan di siang hari dengan panas matahari yang terik. Permasalahan yang sering terjadi dari bagian ini adalah kerusakan kompresor. Untuk itu, servis berkala sangatlah dianjurkan guna mengganti komponen yang diberikan oleh service Toyota seperti pelumas, refigeran, pembersihan, dan bagian lainnya. Oleh sebab itu, hindari pemakaian AC dengan kurun waktu yang lama di bawah terik matahari.

Untuk menjamin performa dan kinerja Mobil Toyota yang anda miliki, usahakan untuk rutin melakukan servis berkala. Tujuan dari servis adalah mendeteksi kemungkinan kerusakan bagian luar atau dalam mobil dengan perbaikan yang dilakukan tenaga kerja dan mekanik yang handal. Agar lebih efektif dan terpercaya, ada baiknya untuk melakukan servis di bengkel resmi Toyota. Dengan servis berkala, kendaraan akan tetap prima anda pun akan tenang dan nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar