Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Cat Ulang Mobil

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Cat Ulang Mobil

Mengubah warna kendaraan, khususnya mobil menjadi salah satu cara agar mobil tampak seperti baru dan berbeda dari sebelumnya. Itulah yang menjadi alasan kenapa cat ulang mobil merupakan salah satu tindakan yang sering dilakukan bagi sebagian pemilik mobil agar mobilnya tampak lebih baik.

Namun ada hal yang perlu Anda pertimbangan dan Anda ketahui saat berencana untuk melakukan cat mobil. Nah, di sini kami akan coba jelaskan terlebih dahulu apa saja hal penting yang harus Anda perhatikan.

Mengubah Cat Sesuai Aturan

Warna kendaraan umumnya tercantum di dalam STNK. Begitu juga dengan warna mobil Anda. Jika Anda mengubah warna tersebut menjadi tidak sesuai dengan STNK, maka nantinya akan bermasalah. Anda akan didenda karena sudah menyalahi aturan.

Namun, ada cara aman agar Anda tidak bermasalah dengan hukum. Caranya adalah dengan mengganti 30% saja. Contohnya jika mobil Anda warna merah, maka Anda bisa menambahkan warna kuning sebanyak 30% saja.

Membiarkan 70% warna asli mobil yang tertera pada STNK adalah cara mengganti warna paling ideal. Karena hal tersebut tidak akan melanggar aturan dari pemerintah.

Mengubah Warna Secara Keseluruhan Sesuai Aturan

Meski begitu Anda juga bisa mengganti warna secara keseluruhan. Contohnya jika mobil Anda berwarna merah, dan di STNK juga ditetapkan sebagai mobil berwarna merah, maka Anda bisa menggantinya dengan warna kuning 100% asal sesuai aturan.

Jika Anda ingin mengganti warna secara keseluruhan tanpa harus berurusan dengan hukum, maka Anda juga harus mengganti STNK. Artinya, STNK Anda harus diperbarui dan tertera warna kuning pada STNK tersebut. Dengan begitu, penggantian warna kendaraan tidak akan bermasalah dengan hukum.

Penggantian warna tersebut memerlukan biaya. Namun jangan khawatir, biaya yang dikenakan tergolong cukup terjangkau. Biayanya yaitu hanya untuk membayar penggantian STNK lama dengan yang baru.

Untuk Anda yang ingin mengetahui detail biayanya, silahkan Anda konsultasikan pada SAMSAT yang biasanya mengurus dokumen tersebut.

Itulah cara cat ulang mobil yang baik dan benar agar tidak menyalahi aturan. Silahkan Anda pilih jenis cat yang Anda inginkan asalkan tetap sesuai dengan aturan.

0 komentar:

Posting Komentar