Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini untuk Hari Tua yang Sejahtera


Pernahkah kamu mendengar istilah personal finance? Salah satu keuntungan memahami tentang personal finance adalah dapat mempersiapkan kebebasan finansial yang tepat untuk masa depan. Ketika kamu belajar tentang personal finance, salah satu hal yang turut dibahas adalah perencanaan pensiun.

Mempersiapkan dana pensiun sejak masih muda cukup penting, lho! Lalu, berapa sih uang yang harus dimiliki untuk persiapan hari tua? Mungkin pertanyaan ini memiliki jawaban berbeda-beda tiap individu karena kebutuhan yang berbeda-beda pula. Kamu bisa simak artikel ini untuk penjelasan lebih lengkap mengenai persiapan dana pensiun.

Cara Menghitung Kebutuhan Pensiun

Menjawab pertanyaan sebelumnya tentang berapa sih dana yang harus kita kumpulkan untuk persiapan pensiun? Kamu bisa menggunakan teori The 4% Rule atau The Trinity Study, yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor di Universitas Trinity mengenai tingkat penarikan maksimum yang dapat kamu lakukan agar tetap bisa menabung untuk dana pensiun.

Agar dapat menghitung dana pensiun, maka kita bisa mulai dengan menghitung pengeluaran bulanan dan kalikan dengan 12 agar mengetahui jumlah pengeluaran tahunan. Setelah mengetahui pengeluaran tahunan tersebut, selanjutnya adalah mengalikan dengan 25 (100% dibagi 4%). Nilai terakhir yang kamu peroleh tersebut adalah jumlah dana yang harus kamu kumpulkan.

Sebagai contoh, kamu memiliki pengeluaran bulanan sebesar Rp 5 juta. Sehingga, pengeluaran tahunan kamu adalah Rp 5.000.000,- x 12 = Rp 60.000.000,-.

Selanjutnya, hasil perhitungan pengeluaran setahun Rp 60.000.000,- dikali dengan 25, maka kamu harus memiliki setidaknya Rp 150.000.000,-.

Teori di atas tentu saja hanya cocok digunakan jika tidak ada faktor-faktor lainnya. Maka dari itu The 4% Rule adalah jumlah minimal dana pensiun yang harus disiapkan.

Pilihan Produk Persiapan Pensiun

Mengumpulkan dana pensiun dengan menabung saja tidaklah cukup. Maka dari itu, kamu disarankan untuk berinvestasi. Hal ini juga bisa menyelamatkan uang kamu dari inflasi. Berikut ini beberapa produk investasi untuk persiapan pensiun yang bisa kamu pilih:

Emas

Emas adalah investasi yang disebut mampu bertahan terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi. Selain itu, investasi emas juga minim risiko. Kamu bisa memilih untuk menabung emas, demi menyelamatkan kekayaan dan mempersiapkan dana pensiun.

Investasi Saham

Investasi saham juga dapat jadi pilihan untuk persiapan dana pensiun. Namun, perlu diperhatikan jika investasi saham memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan investasi emas. Sejalan dengan risikonya yang tinggi, potensi keuntungannya pun lebih besar.

Deposito Berjangka

Sebagai masyarakat Indonesia, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan deposito berjangka. Produk investasi ini ditawarkan pihak bank dengan cara kamu harus menyetorkan nilai tertentu sesuai ketentuan bank tersebut.

Kamu bisa menentukan jangka waktu sendiri sesuai kebutuhan. Pada saat jangka waktu tersebut habis, maka dana deposito bisa ditarik atau ingin melanjutkannya. 

Reksadana Pasar Uang

Selanjutnya ada reksadana pasar uang yang akhir-akhir ini cukup populer di kalangan anak muda. Reksadana pasar uang cukup aman bagi kamu yang ingin menghindari bentuk investasi risiko tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya, jenis ini adalah yang memiliki risiko paling kecil.

Tips Pilih Produk Persiapan Pensiun

Dari berbagai pilihan produk investasi untuk persiapan pensiun di atas, wajar jika kamu merasa bingung untuk menentukan pilihan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan risiko tiap-tiap produk investasi tersebut. Kamu harus mempertimbangkan risiko dengan kemampuan finansialmu.

Jika diurutkan dari yang paling rendah risiko ke paling tinggi adalah emas, deposito, reksa dana, dan terakhir saham yang memiliki risiko paling tinggi. Selain risiko, keuntungan yang diperoleh juga harus diperhatikan.

Maka dari itu, sangat penting untuk meluangkan waktu demi mempelajari produk-produk untuk menyiapkan pensiun. Kamu harus mempelajari lebih dalam mengenai seluk beluknya dan jangan pernah mencoba untuk berinvestasi jika kamu tidak benar-benar paham.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai persiapan dana pensiun. Memiliki dasar pengetahuan finansial adalah wajib hukumnya demi masa tua yang sejahtera. Tentu saja hal tersebut membutuhkan kedisiplinan.

Siapa sih yang nggak mau merdeka secara finansial di hari tua? Kamu bisa memulai rencana tesebut dengan bergabung menjadi membership Ternak Uang. Nantinya, kamu akan mendapatkan pelatihan untuk persiapan dana pensiun selama 365 hari penuh demi hari tua yang merdeka secara finansial.

Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGER9. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member nanti.

Dengan bergabung menjadi membership Ternak Uang, kamu bisa belajar langsung dari para ahli di bidangnya, lho! Let’s become financially independent dengan daftarkan dirimu jadi member di TernakUang sekarang juga!

Posting Komentar

0 Komentar