Mengenal Jenis Kulit Untuk Menentukan Skincare dan Kosmetik


Apakah kamu pernah mengalami masalah kulit setelah menggunakan produk skincare atau kosmetik? Hal ini biasanya terjadi karena kamu menggunakan produk skincare dan kosmetik yang tidak cocok dengan kondisi kulitmu. Sehingga, sebelum membelinya kamu perlu mengenal jenis kulit untuk menentukan skincare dan kosmetik yang sesuai.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin menggunakan produk perawatan kulit wajah, baik itu kosmetik atau skincare. Salah satunya adalah dengan mengetahui jenis atau tipe kulitmu. Hal ini dilakukan supaya skincare dan kosmetik yang akan kamu gunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Pemilihan produk dengan menyesuaikan jenis kulit juga dapat mengurangi masalah-masalah baru pada kulit. Sehingga, perawatan kulit akan menjadi lebih maksimal dan kamu akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Mengenal Jenis Kulit

Setiap orang tentu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Tentunya, kamu perlu menentukan skincare dan kosmetik berdasarkan jenis kulit untuk memastikan produk apa yang cocok untuk diaplikasikan pada tipe kulitmu. Berikut ini adalah macam-macam jenis kulit yang wajib kamu ketahui.

1. Kulit normal

Kamu beruntung jika memiliki tipe jenis kulit ini, karena kamu bisa dengan mudah memilih skincare atau kosmetik. Jenis kulit ini memiliki tingkat minyak dan hidrasi yang seimbang. Jadi, kulit akan berada dalam kondisi yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.

Jenis kulit normal ini cenderung terlihat lebih sehat dan jarang mengalami masalah kulit, seperti kulit kusam, pori-pori besar, atau hiperpigmentasi. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan perawatan kulit supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Kulit kering

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, kamu akan sering mengalami masalah kulit yang mudah iritasi, sehingga akan muncul jerawat dan kemerahan pada kulit wajah. Jenis kulit kering memiliki tingkat kelembapan yang cukup rendah dan mengakibatkan kulit lebih kasar dan mudah terkelupas.

3. Kulit berminyak

Banyak dari pemilik tipe jenis kulit ini yang mengeluhkan masalah kulit seperti jerawat, bruntusan dan komedo. Hal ini disebabkan karena pori-pori besar yang kerap tersumbat oleh kotoran-kotoran akibat kosmetik atau udara kotor. Minyak yang berlebih pada kulit juga akan membuat kulit menjadi lebih licin dan mudah berjerawat.

4. Kulit sensitif

Pada dasarnya, pemilik jenis kulit sensitif lebih mudah mengalami iritasi kulit dibandingkan jenis kulit lainnya. Tipe kulit sensitif ini akan bereaksi ketika berada dalam kondisi lingkungan, makanan atau produk kecantikan yang tidak cocok. Sehingga, ketika berada di kondisi tersebut kulit bisa mengalami gatal, muncul kemerahan, atau breakout.  

5. Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi ini akan sedikit sulit untuk menentukan skincare atau kosmetik yang akan digunakan. Pasalnya, pemilik jenis kulit ini memiliki gabungan kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, dan kulit kering di beberapa area pada kulit wajahnya.

Terdapat isitlah T-zone, dimana pada bagian dahi, hidung, dan dagu akan cenderung berminyak. Sedangkan, di bagian mata, pipi, dan mulut akan terasa lebih kering dan normal. Sehingga, bagi kamu yang memiliki jenis kulit ini, kamu perlu memperhatikan setiap area kulit wajahmu supaya tidak salah dalam memilih skincare dan kosmetik.

Nah, demikianlah cara mengenal jenis kulit untuk menentukan skincare dan kosmetik yang tepat. Setelah mengetahui jenis kulitmu, selanjutnya kamu bisa perhatikan reaksi kulit kamu setelah memakai skincare dan kosmetik. Apabila tidak mengalami reaksi buruk, kamu bisa melanjutkan pemakaiannya.

Posting Komentar

0 Komentar